MINGGU 1 : Sofware Penunjang Kinerja Arsitek

Arsitektur merupakan ilmu dan seni dalam merancang bangunan.Seorang arsitek dalam merancang bangunan pada umumnya menggunakan media seperti kertas dan alat-alat tulis atau gambar yang membutuhkan proses kerja yang tidak cepat.Tetapi seiring berkembangnya teknologi yang semakin modern,diciptakanlah sebuah alat bantu atau program yang berbentuk software yang difungsikan untuk membantu atau mempermudah para penggunanya khususnya arsitek dalam merancang maupun mendesain.Software-software ini biasanya di gunakan melalui media elektronik seperti kompoter atau laptop.Semenjak adanya software ini,banyak keuntungan yang dapat diterima oleh para pengguna software tersebut salah satunya seperti mempercepat waktu merancang atau mendesain,dan memaksimalkan kinerja para penggunanya.salah satu software penunjang kinerja arsitek salah satunya yaitu:

  • AutoCAD  

 

AutoCAD merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar serta merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai “Computer-aided drafting and design program” (CAD). Program ini dapat digunakan dalam semua bidang kerja terutama sekali dalam bidang-bidang yang memerlukan keterampilan khusus seperti bidang Mekanikal Engineering, Sipil, Arsitektur, Desain Grafik, dan semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan CAD.Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secarade facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukungDWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD. AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasiMicrosoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan diemulator seperti Virtual PC atau Wine. AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.

CAD dalam keteknikan artinya mendesain menggunakan sistem grafis komputer untuk membuat desain mekanis (mesin/komponen mesin), rangkaian elektronik, dan arsitektur/teknik sipil. Pada umumnya CAD dikenal pula sebagai metode menggambar komponen atau lainnya dengan bantuan software komputer, misal AutoCAD Release 2000, RoboCAD, Master Engineering, dan lain-lain.

Perusahaan atau industri menggunakan CAD untuk mendesain produk yang dihasilkan. Penguasaan CAD penting dalam dunia teknik dan seorang yang ahli CAD banyak dibutuhkan dalam dunia industri karena teknologi CAD menjadi dasar untuk beragam kegiatan keteknikan seperti gambar, desain, analisis, dan proses manufaktur. Karena dikerjakan dengan bantuan komputer, suatu desain atau gambar dapat dianalisis, direvisi, dan dimodifikasi dengan lebih mudah.

Pada prinsipnya kita memerlukan software dan hardware ketika bekerja dengan CAD. Software CAD adalah paket program yang menyediakan fasilitasfasilitas untuk mendesain, sedangkan hardware adalah perangkat yang diperlukan untuk menjalankan software tersebut. Hardware bisa terdiri dari: CPU, monitor, keyboard, mouse, tablet, plotter, dan lain-lain. Software CAD tersedia banyak di pasaran, salah satunya adalah AutoCAD.

Gambar CAD merupakan suatu representasi grafis dari sebuah data geometri komponen atau objek yang disimpan dalam file gambar. Database gambar umumnya berisi daftar lengkap entitas (garis, busur, dan lain-lain) dan informasi koordinat yang diperlukan untuk membuat gambar CAD, dan informasi tambahan yang diperlukan untuk menentukan permukaan solid dan sifat-sifat lain. Format data dalam gambar biasanya berbeda menurut program yang digunakan dan tidak dapat dipertukarkan secara langsung. Auto cad adalah suatu aplikasi yang berguna untuk mendesign suatu gambar sehingga menjadi informasi. Autocad ini bisa berbentuk 2D dan 3D sehingga gambar terlihat lebih nyata dan detail. Autocad ini biasanya digunakan untuk kebutuhan manufakturing dan di bagian engineering.

Beberapa keuntungan dan kekurangan menggunakan CAD dibanding menggambar manual adalah:

  • Keuntungan AutoCAD:

1. Kualitas gambar konstan, tidak terlalu tergantung pada skill penggambar sebagaimana gambar manual.

2. Relatif lebih akurat dan cepat pengerjaannya karena menggunakan komputer.

3. Dapat diedit, ditambah-kurang tanpa harus memulai dari awal.

4. Dapat menjadi data base yang menyimpan berbagai informasi penting yang dibuat oleh drafter dan dapat diakses langsung oleh pengguna lain.

5. Dapat dibuat library untuk komponen-komponen standar atau komponen yang digambar/ dipergunakan berulang-ulang dalam gambar (misalnya: baud, mur, simbol-simbol,dll.) sehingga mempermudah dan mempercepat dalam proses pembuatan gambar.

6. Lebih mudah dan praktis dalam dokumentasi, duplikasi, dan penyimpanannya.

7. Dapat dibuat dengan berbagai warna sehingga lebih menarik dan mudah dipahami.

  • Kekurangan AutoCAD:

1. Aplikasi ini menjadi lebih kompleks

2. Kebutuhan hardware yang lebih tinggi.

3. Infrastruktur pendukungnya harus memadai, seperti penggunaanprinter/plotter untuk mencetak gambar dalam ukuran yang besar.

4. Software prabayar.

5. Struktur file hasil penggambaran, definisi database dan filedatabase dari software tersebut rumit.

6. Alur dari proses pekerjaan desain rumit karena software tersebut terbagi atas beberapasoftware lagi menurut bagian konstruksi mana yang akan dibuat.

7. Software tersebut kurang familiar diantara para drafter dan desainer kapal, hanya orang yang pernah diberi pelatihan saja yang bisa, sementara pelatihan software tersebut sangat mahal.

  • Adobe Photoshop

  

Adobe Photoshop adalah software yang dibuat oleh perusahaan Adobe System, yang di khususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan effect. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh Fotografer Digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar. Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut.

Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan Adobe lainnya.

 

· Keuntungan Adobe Photoshop :

1. Lebih familiar dan mudah digunakan dibanding software editing gambar selevel Adobe Photoshop.

2. Membuat tulisan dengan effect tertentu.

3. Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya. Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:

Ø PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.

Ø PSB’ adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 Gb

Ø PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

4. Membuat tekstur dan material yang beragam.

5. Dengan langkah-langkah tertentu, seorang Desainer dapat membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya. Fasilitas efek bisa ditambah.

6. Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.

7. Dengan Photoshop kita dapat merubah gambar kita jelek menjadi bagus ataupun sebaliknya. Selain itu juga Photoshop dapat merubah foto seseorang menjadi sebuah gambar kartun. Atau dalam Design Grafis disebut vector and vexel.

8. Memproses materi Web.

9. Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF.

10. Bisa menyimpan dalam berbagai format dengan berbagai kualitas gambar beserta resolusi dan ukurannya. File hasil editan bisa disimpan dalam format JPG dengan kualitas bagus.

 

· Kelemahan Adobe Photoshop :

Kurang bagus untuk pembuatan desain majalah atau cetak brosur dengan banyak teks, karena tidak bisa membuat paragraf tulisan dengan sempurna.

Ukuran penyimpanan file relatif besar bila terdapat banyak layer dan ukuran gambar yang besar.

Proses cetak dalam ukuran kertas pada umumnya, atau ukuran kertas yang besar relatif lebih sulit.

Akan lebih rumit ketika mengedit gambar dari banyak layer yang digabung.

Dalam menciptakan Image, Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis, dan juga dengan berkembangnya versi Photoshop sekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula.

  • Sketchup

  

Google SketchUp, sangat populer belakangan ini karena keistimewaanya yaitu dapat menghasilkan gambar 3 dimensi dengan cepat dan praktis. Software ini sangat mudah dipelajari, saya hanya memerlukan waktu satu hari untuk mempelajari software ini. Google Sketchup yaitu sebuah software desain yang mengarah pada pengolahan gambar 3D, yaitu pengolahan gambar illustrasi sebuah bangunan ataupun yang lainnya, (lebih sering digunakan untuk pengolah gambar-gambar gedung).

Google SketchUp cocok bagi Arsitek maupun mahasiswa arsitektur dan desainer interior dalam membuat gambar studi, atau konsep desain. Kita dapat men-download component software ini dari website-nya google (gratis dan komplit).

· Keuntungan SketchUP :

1. Dalam segi kapasitas sortware ini cenderung lebih ringan di bandingkan dengan yang lain

2. Dalam segi interface google sketchup lebih familiar, mudah di ingat dan Simple, jadi jika anda yang baru mengenal dan ingin mencobanya pasti anda tak akan kesusahan dalam mengoprasikannya

3. Google Sketchup banyak menyediakan berbagai fasilitas Gudang gambar 3D atau Warehouse 3D, disana kita bisa berbagi dan mengunduh gambar-gambar yang sudah ada yang dibuat oleh kontributor-kontributor dunia, yaitu kumpulan gambar objek seperti meja, kursi, televisi, gedung tinggi dll, dan juga landmark sebuah kotapun tersedia di sana, dan anda pun bisa berkontribusi di dalamnya, seperti mengupload gambar anda yang sudah ada ke gudang gambar 3D.

4. Google Sketchup menyediakan lahan untuk sebuah bangunan-bangunan nyata seperti gedung-gedung tinggi di sebuah negara, yang di gabungkan ke dalam salah satu produk Google lainnya yaitu Google Earth, di sana kita bisa lihat secara langsung gedung-gedung 3D yang sudah dibuat oleh kontributor-kontributor Google Sketchup di Warehouse

5. Banyak open source plugin yang mendukung dan melengkapi kinerja google sketchup

6. Hasil gambar dari sketchup tidak hanya melulu berbentuk sketch namun juga bisa menjadi realistic atau hampir nyata bahkan mirip sekali dengan photo akan tetapi dengan bantuan Plugin renderer seperti VRay, maxwell, dll.

7. Terdapat fitur import file ke ekstensi 3ds (untuk 3ds max), dwg (untuk autocad), kmz (untuk google earth), pdf, jpg, bmp, dxf, dan lain-lain.

 

· Kelemahan SketchUp :

1. Karena kesederhanaan sketchup menjadikan susahnya pemodelan tingkat lanjut meski memakai plugin sekalipun

2. Terjadi crash apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex (kasus ini terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut misal model manusia dari 3ds max ke google sketchup )

3. Hasil gambar kurang memuaskan.

  • 3D Studio Max 

  

3D Studio Max yaitu suatu software (Perangkat lunak) untuk membuat sebuah grafik vektor 3 dimensi dan animasi. 3D Studio Max dikembangkan dari pendahulunya yaitu 3D Studio for DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Yang sampai saat penulis membuat artikel ini yang terbaru adalah 3D Studio Max versi 9.

Software ini populer di kalangan propesional modelling, karena 3D Max dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat bagus, realistik, dengan pencahayaan dan bayangan yang akurat. Selain menghasilkan gambar, 3D Max juga biasa digunakan untuk membuat sebuah film animasi, arsitektur rumah, ataupun membuat logo suatu perusahaan. Beberapa karya terkenal industri perfilman membuktikan bahwa 3D Max Studio merupakan the best of 3D maker, seperti X-Men, The Matrix, Dr. Doolittle 2 dan masih banyak lagi. Software ini juga merambah industri game. Penggemar game konsol Playstation 2 tentu mengenal Guitar Hero I & II. Keduanya juga dibuat dengan menggunakan software 3D Max Studio.

Untuk menjalankan aplikasi ini membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi agar mendapat kenyamanan saat menggunakannya. Karena banyak proses yang membutuhkan grafik yang tinggi untuk melakukan rendering dan sebagainya.

· Keunggulan 3D Studio Max :

1. Mampu membuat objek Virtual secara 3 dimensi dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.

2. Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah.

3. Mampu memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting.

4. Dapat menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur proses animasinya.

· Kekurangan 3D Studio Max :

1. 3D Studio max bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kekurangan bahwa harus dipertimbangkan lagi. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini. Kebanyakan Arsitek hanya menggunakan 3D Studio Max untuk rendering gambar 3 dimensi yang dihasilkan dari ArchiCAD, karena untuk membuat objek di 3D Studio Max lumayan rumit.

  • CorelDraw

  

Corel Draw yaitu sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Jika berbicara masalah kegunaan Corel Draw, sebenarnya ada cukup banyak dan bahkan bisa dikatakan sangat banyak. Namun bagi para penggunanya, program Corel Draw seringkali difungsikan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti dibawah ini, yaitu:

1. Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.

2. Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.

3. Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.

4. Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat. 

· Keuntungan Corel Draw :

1. Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.

2. Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya lebih bersifat freehand sehingga sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.

3. Corel Draw sangat baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Photoshop.

4. Gambar yang dihasilkan oleh CorelDraw tidak akan pecah apabila diperbesar.

5. Seleksi layer dalam CorelDraw sangat mudah, sehingga dapat mengedit beberapa layer sekaligus.

6. Ukuran file yang kecil, meskipun gambar dalam file berukuran besar.

7. Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

· KelemahanCorel Draw :

1. Memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak. Pada PC yang low end penggunaan CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’ pada system bahkan dalam proses effect bevel/emboss dalam PC yang bagus pun dapat timbul ‘hang’.

2. Besar file yang dibuat membengkak

3. Warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan tampilan layar) pada beberapa jenis printer

4. Terbatasnya gradasi yang dihasilkan antara warna yang satu dengan warna lainnya.

5. Efek-efek dan variasi yang terbatas di CorelDraw.

6. Tidak tepat bila digunakan untuk merekayasa foto.

7. Dukungan SaveAs di CorelDraw yang terbatas

8. dalam pembuatan objek table tidak semudah membuat table dalam MS Word. Yaitu dengan cara yang sangat manual

9. Apabila ada penggabungan objek vector dan photo/bitmap kualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo.

10. Kompatibilitas versi CorelDraw banyak kendala dalam sharing ke versi lainnya.

  • Revit Architecture

  

 Revit Architecture merupakan aplikasi building information modeling (BIM). Aplikasi BIM lebih dari sekedar aplikasi 3D modeling. Jika anda bekerja dengan model 3D, anda hanya dapat menggunakannya untuk visualisasi. Sementara dengan BIM, anda dapat melakukan jauh lebih banyak.

Berbeda dengan AutoCAD yang merupakan aplikasi CAD untuk umum, aplikasi BIM didesain khusus untuk para arsitek dan insinyur yang berkaitan dengan bangunan. Secara ringkas, BIM dapat diartikan kita membuat dan menggunakan model virtual dari bangunan. Sama seperti halnya jika kita membangun bangunan sesungguhnya, kita juga melakukan hal yang sama di Revit.

Pada Konferensi Desain VisMasters, Modeling dan Visualisasi, Autodesk menggarisbawahi mengenai bagaimana para arsitek di seluruh belahan dunia menerapkan perangkat lunak Revit Architecture untuk membangun model informasi (building information modeling – BIM) dan 3ds Max Design untuk visualisasi 3D.

Lebih dari 300.000 arsitek, perancang dan pakar teknik telah menerapkan platform Revit untuk BIM. Shop Architects dan Archaus Architects adalah perusahaan-perusahaan yang telah memperoleh manfaat dari alur kerja Revit Architecture dan 3ds Max Design.

Kombinasi kekuatan antara Revit Architecture dan 3ds Max Design memberikan ruang bagi para perancang untuk menyusun BIM di dalam prosesnya. Bila digunakan bersama-sama, maka produk tersebut juga mempertajam gambar elemen, tekstur, dan alat modeling untuk mempercepat proses salinan gambar, dan juga memberikan ruang pada perancang untuk menganimasi objek atau memberikan efek khusus dalam menceritakan kisah utuh dari rancangannya.

Penggunaan Revit Architecture dan 3ds Max di dalam proyek ini membuat kami mampu menganalisis serta menguji beberapa pilihan desain dengan cepat dan mudah,” jelas Erin Collins, arsitek proyek Archaus Architects. “Komponen kelompok dan dokumen referensi terkait digunakan secara ekstensif untuk unit modular, baik pada perangkat lunak Revit Architecture maupun 3ds Max Design. Dengan demikian, kami dapat mengubah dan memperbaiki model dalam hitungan menit saja.”

· Keuntungan Revit Architecture :

1. Secara logika keterbangunan yang dimiliki revit,dapat mempercepat pengerjaan dari gagasan ke gambar kerja, karena cukup menggambar satu kali saja, model dan gambar kerja bisa didapat.

2. Secara komponen parametric, dalam proses perancangan pengguna dapat langsung menggunakan komponen-komponen yang sudah tersimpan dalam revit, seperti pintu, tekstur bahan dan furniture.

· Kelemahan  Revit Architecture :

1. Harga software yang cukup mahal

  • Blender 3D

  

Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khususnya 3Dimensi, ada beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. 

  • Keuntungan Blender:

· Open Source Blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan Blender.

· Multi Platform Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.

· Update Dengan status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org

· Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya. Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.

· Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbukti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.

· Komunitas Terbuka Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute.

· Interface yang user friendly dan tertata rapi. Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.

· Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.

Interface pada Blender secara umum adalah sebagai berikut :

· Revolusioner yang tidak tumpang tindih dan non-blocking UI memberikan alur kerja tak tertandingi

· Fleksibel dan bisa diatur tata letak jendela dengan layar setup sebanyak yang Anda suka dengan dukungan terjemahan internasional

· Setiap jendela ruang dapat dengan mudah beralih ke jendela apapun jenis (kurva editor, NLA, tampilan 3D dll) text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python Custom tema Antarmuka konsisten di semua platform.

  • Artlantis

  

Artlantis adalah software unik 3D rendering yang dibuat oleh Abvent Group yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun sejak 1985 di bidang CAD Professional untuk arsitek, desainer dan fotografi, kantor pusat Abvent group berada di Paris dan memiliki kantor cabang di Hungary, Luxembourg, dan Switzerland.

Artlantis terdiri dari 2 software utama yaitu Artlantis Studio dan Artlantis Render. Artlantis Studio untuk menciptakan 3D animasi QuickTime VR Panoramas, QuickTime VR Objek dan animasi sedangkan Artlantis render adalah software tercepat untuk 3D rendering. Software Artlantis sudah digunakan oleh arsitek, perancang dan profesional desain perkotaan di lebih dari 80 negara. Artlantis interface langsung dengan ArchiCAD, Revit, Vectorworks, SketchUp Pro, dan Arc +. Dengan penambahan DWF, OBJ dan format impor FBX dan diperbarui DXF, DWG dan 3DS plug-in, Artlantis mulus berinteraksi dengan semua software CAD terkemuka juga.

Berikut ini adalah contoh hasil Rendering menggunakan Artlantis 4.1.6, untuk Modelling mendownloadnya dari Sketchuptexture. Software yang ditambahkan adalah photoshop CS2 untuk lighting/pencahayaan, dimana saya hanya merubah dengan tools curve, color balance, dan Hue/saturation.

Software Artlantis ini dengan teknologi baru dapat secara otomatis menyesuaikan pencahayaan, radiositas (mesin rendering merek baru) dikembangkan terutama untuk arsitektur, lebih cepat dan lebih akurat dari sebelumnya, kualitas luar biasa (kualitas rendering telah sangat ditingkatkan),dan slider transparansi baru memungkinkan Anda untuk mengatur transparansi billboard dan 3D tanaman dalam rangka untuk lebih melihat proyek sehingga tidak perlu ada lagi pengeditan foto.

Keunggulan Artlantis terdapat pada waktu render yang cepat, kemudahan navigasi (preview render real time) dan perbaruan data CAD kedalam model secara instant, dengan tetap mempertahankan seting material, cahaya dan posisi kamera dari file sebelumnya.

Artlantis berjalan di OS Windows dan Mac OS X

  • Maxwell

  

  Maxwell Render adalah mesin render berdasarkan persamaan matematika yang mengatur transportasi cahaya, yang berarti bahwa semua elemen, seperti pemancar, bahan dan kamera, berasal dari model fisik yang akurat. Maxwell Render adalah bias, sehingga tidak ada trik yang digunakan untuk menghitung solusi pencahayaan di setiap piksel dari sebuah adegan, hasilnya akan selalu menjadi solusi yang tepat, karena akan berada di dunia nyata. Maxwell Render sepenuhnya dapat menangkap semua interaksi cahaya antara semua elemen dalam sebuah adegan, dan semua perhitungan pencahayaan dilakukan menggunakan informasi spektral dan data yang tinggi rentang dinamis.

Maxwell Render menerima model dan adegan dibuat dalam aplikasi 3D atau CAD. Beberapa aplikasi ini langsung didukung melalui Maxwell Render plug-in, yang lainnya dapat digunakan bersama dengan Maxwell Render dengan mengimpor geometri ke Maxwell Studio, sebuah komponen perangkat lunak.

  • Keuntungan Maxwell Render:

· Lebih cocok untuk pemula karena rendernya yang memberikan kemudahan bagi pemula.

· Mampu menciptakan hasil render seperti memotret memakai kamera biasa atau digital, jadi seperti simulasi foto. Menariknya, time rendernya bisa ditentukan. Makin lama ngerender maka hasilnya seperti foto.

· Efeknya sangat mendalam jadi benar-benar seperti aslinya.

· Menggunakan shift lens parameter, seperti lensanya potografer yang menggunakan shift/tilt lens

  • Kelemahan Maxwell Render:

· Untuk art, bisa saja menggunakan software ini. Tapi kalo untuk presentasi, jangan karena sangat tidak bagus. Bisa bagus tetapi makan waktu 1 atau 3 hari, karena rendernya yang sangat lama.

· Pada saat membuka material editor tampak item semua, agak sulit untuk melihat materialnya. Bisa ada aplikasi sendiri dari maxwellnya.

· Maxwell tidak bisa digunakan untuk animasi.

  • Tekla Structure

  

Tekla structures adalah software BIM (Building Information Modeling) paling terkemuka di dunia. BIM sendiri merupakan konsep baru yang revolusioner yang sudah menjadi arah tujuan paling muktahir penggunaan Teknologi Informasi di dunia Jasa Konstruksi dunia. Tekla Structures dikembangkan di Finlandia dan sudah digunakan di 100 negara oleh konsultan, kontraktor, dan badan-badan pemerintah. Tekla Structures-BIM (Building Information Modelling) adalah pendekatan baru untuk desain, konstruksi dan fasilitas manajemen. Technology BIM adalah sarana yang tepat untuk membangun desain dan konstruksi, dengan pembentukan Model 3D, technology ini berbeda dengan CAD yang berbasis pada Gambar. Technology BIM menyediakan sarana kolaboratif dalam desain dan konstruksi (Struktur, Beton, Instalasi M/E), dan mengurangi benturan antar divisi (Engineering, M/E, Beton, Designer dan Analis serta Pengadaan).

Kita dapat memperoleh analisa dan hasil perhitungan, gambar, laporan, atau output lainnya dari satu model struktur. Tekla Structures memiliki tampilan standar API (Application Programming Interface) untuk menghubungkan analisis dan desain software. Software ini tidak perlu membuat dan memelihara berbagai analisa pemodelan secara terpisah (menggunakan software lain). Penarikan, Pembebanan, reaksi, dan defleksi, semuanya dapat ditampilkan sebagai bagian dari analisa struktur kita. Semua ketentuan/ ketetapan di simpan dari langkah sebelumnya. Jadi, Ketika terjadi perubahan, cukup memainkan analisa kemudian periksa hasil yang baru kita peroleh.

  • Keuntungan Tekla Structure

Software dapat digunakan untuk meganalisa permasalahan-permasalahan model struktur. Tekla Structure adalah software pemodelan multi-material dan multi-proses. Kita dapat menentukan dan menganalisa dalam suatu model 3D yang serupa, memperbaiki secara akurat semua pekerjaan struktur. Semua perubahan secara otomatis update sewaktu-waktu dilakukan revisi. Pemodelan dengan waktu singkat dan kemampuan mengoperasikan memberikan hasil manajemen proyek yang efisien. Dan yang paling hebatnya, Tekla Structures sungguh mudah digunakan dan dikuasai.

Tekla Structures dapat digabungkan dengan aplikasi-aplikasi yang sudah ada, atau semata-mata sebagai tempat untuk mengembangkan permasalahan internal biasa. Software ini terhubung dengan berbagai jenis system melewati Tekla Open API, contoh format biasa yang didukung oleh Tekla Structures adalah IFC, CIS/2,SDNF dam DSTV. Contoh dari format yang sudah jadi hak milik yang didukung oleh Tekla Structures adalah DWG, DXF, dan DGN. Berikut ini adalah beberapa tampilan/ screen shoot TEKLA saat digunakan dalam perencanaan struktur.

Jika ingin mendalami drafting, jangan cuma menguasai AutoCAD. Sudah banyak yg bisa. Mau nilai plus…? Pelajari Tekla.! Perusahaan EPC (Engineering Procurement Construction), perusahaan- perusahaan kontraktor yang bergerak di bidang migas tentu akan bayar Anda lebih. Software TEKLA ini juga digunakan untuk mendesain Gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai, dengan ketinggian 830 m yang pekerjaan struktur dan arsitekturalnya dikerjakan dari 21 September 2004 – 1 Oktober 2009.

25. Solid Edge

Solid Edge ST4 – paling fitur lengkap hibrida 2D/3D CAD sistem yang menggunakan teknologi sinkron untuk mempercepat proses perancangan dan editing, serta dukungan untuk penggunaan kembali geometri yang diimpor. Solid Edge adalah komponen kunci dari portofolio dan ™Seri Velocity memiliki alat yang sangat baik untuk bagian pemodelan dan majelis, gambar desain, transparan manajemen data, built-in analisis elemen hingga, yang terus membantu untuk mengatasi kompleksitas produk.

Solid Edge ST4 adalah aplikasi untuk analisis elemen hingga, termasuk jenis baru dari beban – dan beban torsi di user-defined dukungan silinder kendala, serta cara-cara baru untuk menghubungkan bagian dalam majelis, seperti koneksi yang terkunci dan sendi sheet metal tepi. Sarana menyederhanakan model dapat dengan cepat menghitung hasil, dan alat-alat visualisasi canggih – melihat model dari dalam. Model dapat disesuaikan sesuai dengan teknologi sinkron, dan dengan menggunakan konstruksi kayu. Solid Edge menyediakan model kontrol bagian dan majelis pada tahap awal desain, yang mengurangi waktu-ke-pasar dan biaya prototyping.

Dalam ST4 Solid Edge – Ribuan perbaikan tertentu untuk pelanggan, yang selanjutnya akan meningkatkan dampak dari produk ini pada semua tahap desain produk. Fitur baru telah muncul dalam modul yang berbeda, termasuk simulasi dari pipa logam lembaran, gulungan dan, membangun alat manajemen dan menggambar. Perbaikan lingkungan desain lembaran logam termasuk jenis baru dari sudut penutupan, simbol elemen terukir bagian dan geometri yang berbeda, serta unsur-unsur teknologi dalam penyingkapan bagian-bagian lembar, seperti telinga pengiriman. Solid Edge terus meningkatkan bar di bidang gambar, di mana kita sekarang dapat memindahkan semua dimensi teknologi dan sebutan mengacu pada komponen dalam perakitan, dan bahkan memberikan rincian warna yang berbeda dalam gambar garis, meminjam mereka dari 3D model. Desain “Internasional” yang baru dapat menggunakan set karakter yang berbeda dalam bahasa yang berbeda? Dalam satu gambar atau balon?. Sederhana antarmuka pengguna termasuk menu radial disesuaikan sepenuhnya, yang mengurangi jumlah gerakan mouse. Transparan dialog elemen manajemen desain dan detail, serta tim dialog mengurangi ukuran menyediakan area terbesar dari ruang kerja grafis.

  • Adobe Illustrator

  


Adobe Illustrator merupakan software grafis untuk mendesain atau membuat gambar (di komputer tentunya) yang berbasis vektor yaitu objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi garis dan titik (dot) berdasarkan rumusan matematika tertentu. Software ini dikembangkan oleh Adobe Systems. Software sejenis lain yang mungkin anda gunakan adalah CorelDRAW, Xara Designer Pro, dan Macromedia FreeHand. Adobe Illustrator digunakan untuk keperluan desain label (stiker), name plate mesin, boks kemasan produk, desain industri, peta, gambar ilustrasi atau mascot dan buku petunjuk penggunaan (owner’s instruction manual & illustrated part lists). 

  

    Tampilan Adobe Illustrator CS3

  • Keuntungan Adobe Illustrator:
  1. Bentuk dan resolusi masih tetap terjaga walaupun ukuran diubah-ubah
  2. Hasil gambar vector bisa dicetak dengan resolusi yang tinggi
  3.  Ruang penyimpanan untuk objek gambar yang efisien
  4. Adobe Illustrator bersifat user friendly, yaitu sangat memudahkan user dalam menggunakan dan mengakses beragam fitur yang ada, terutama dengan sistem pengelompokan fasilitas melalui fasilitas menu, toolbox, palette dan sebagainya
  5. Adobe Illustrator mampu menangani beragam desain dari yang sifatnya sederhana hingga amat kompleks, serta mampu mengekspor hasil akhir sebuah desain ke dalam berbagai format sesuai kebutuhan Anda dengan kualitas yang bisa diand`lkan
  6. Adobe Illustrator sangat kompatibel dengan beragam software lainnya untuk berbagai kepentingan akhir, seperti kepentingan cetak, desktop publishing, web publishing dan lain-lain
  • Kelemahan Adobe Illustrator:
  1. Gambar cenderung terlihat flat/datar dan mempunyai warna kartun yang kental
  2.  Susah untuk menghasilkan gambar yang realistis/ mirip photo

Sumber :


http://cubeholic.wordpress.com/2010/12/22/sedikit-penjelasan-tentang-sejarah-blender-3d-animation-creator-software/

http://ilmukomputer.org/2011/11/29/kelebihan-blender/

http://de2ndchance.blogspot.com/2010/05/podium-sketch-up.html

http://vw-xyz.weebly.com/2/post/2011/02/su-podium-v2.html

http://destacool.blogspot.com/2012/03/siemens-solid-edge-st4.html

http://www.perencanaanstruktur.com/2011/11/tekla-structure-software.html

http://tekla.tigenco.com/

http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013081901/yang-bisa-dan-mau-belajar-tekla-structure-ngumpul-disini-yuk/

http://chanelpacitan.blogspot.com/2012/12/membuat-model-3d-menggunakan-rhino-part.html

http://idx-renditioner-express-free.software.informer.com/

http://abisubani33114.blogspot.com/2009/03/microstation-v8.html

http://hariannyasidzil.blogspot.com/2014/04/about-lightwave-3d.html

http://dkv432.blogspot.com/2012/08/3ds-max.html

http://siscaiicha-piggie.blogspot.com/2011/12/3d-studio-max.html

http://firman-sufiana.blogspot.com/2013/01/autocad.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Autodesk_Softimage

http://nataprima.blogspot.com/2013/11/pengenalan-autodesk-maya.html

http://news.palcomtech.com/2010/07/mengenal-autodesk-maya/

http://hutriani.wordpress.com/2011/04/02/artlantis-tugas-paper-komputer-grafik-arl46/

http://arch3desain.blogspot.com/2014/03/rendering-dengan-artlantis.html

http://drafter-inside.blogspot.com/2011/07/review-kerkythea-rendering-system.html

http://drafter-inside.blogspot.com/2011/07/free-download-maxwell-render-251-32bit.html

http://3dsmax-indo.blogspot.com/2013/03/download-vray.html

http://andi3d.blogspot.com/2013/06/download-vray-3d-max-2009-2010-dan.html

http://firmanirmansyah.wordpress.com/2012/07/08/autodesk-ecotect-review/

http://greenzains.wordpress.com/2011/10/21/aplikasi-perancangan-bioklimatik-melalui-software-ecotect/

http://eriskusnadi.wordpress.com/2012/09/15/software-software-untuk-pekerjaan-engineering/

http://www.applicadindonesia.com/news/fungsi-software-solidworks#sthash.IvQJXUHe.dpuf

http://aj-computer.blogspot.com/2012/08/sekilas-tentang-solidworks.html

http://kakang.site11.com/solidworks.html

http://www.tentangcad.com/2008/04/revit-architecture-2009-semua-orang-bisa-photorealistic-rendering/

http://www.biskom.web.id/2008/05/21/300000-arsitek-gunakan-revit-dari-autodesk.bwi#sthash.jMNeqeYi.dpuf

http://land8.com/group/sketchup/forum/topics/sketchup-and-photorealistic?xg_source=activity

http://designer-info.com/Photo/piranesi.htm

http://desinti.blogspot.com/2013/10/kelebihan-dan-kelemahan-adobe-photoshop.html

http://davehard.wordpress.com/photoshop-vs-coreldraw/

http://undakundakan.blogspot.com/2012/07/kelebihan-dan-kelemahan-adobe-photoshop.html%5D

http://sajidatamalia.blogspot.com/2012/11/pengertian-corel-draw-beserta-kelebihan.html

http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-dan-kegunaan-program-corel-draw/

http://oerangseda.wordpress.com/2011/07/14/pengantar-tutorial-sketchup/

http://desain69.blogspot.com/2013/07/mengenal-google-sketchup.htmlhttps://www.facebook.com/permalink.php?id=342967152407267&story_fbid=393042447399737

http://mejagambar.wordpress.com/ 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s